Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Syarat Mendaftar Tenaga Kesehatan Haji Indonesia, Tersedia Untuk Dokter, Perawat dan Apoteker

 Senyumperawat.com - Ibadah haji untuk umat Islam Indonesia sudah tertunda selama pandemi ini. Sudah 2 kali penyelenggaraan ibadah haji tidak dapat terlaksana karena ada pembatasan dari pemerintah Arab Saudi. Periode 2020 dan 2021, ibadah haji hanya dibuka untuk kalangan tertentu khususnya penduduk setempat. Hal itu berdampak pula pada rekrutmen tenaga kesehatan haji Indonesia yang biasanya dibuka tiap tahun.


Namun ada kabar gembira dari Kemenkes RI bahwasanya rekrutmen Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) untuk masa haji 2022 akan dibuka sejak tahun 2021 ini. Untuk mendaftar sebagai TKHI, para Tenaga Kesehatan (Nakes) harus memenuhi kriteria yang sudah ditentukan.

Syarat umum sebagai Tenaga Kesehatan Haji Indonesia

Seperti biasanya, ada syarat umum dan juga ada syarat khusus. Syarat umum tersebut mencakup semua profesi sesuai ketentuan calon TKHI. Namun ada juga syarat khusus yang disesuaikan dengan profesi yang direkrut.

Dikutip dari laman Rekrutmen Kemenkes, ada 6 syarat umum bagi calon TKHI. 6 syarat tersebut antara lain:


Harus Beragama Islam

Persyaratan pertama untuk para calon pendaftar yaitu harus beragama Islam


Sehat Jasmani dan Rohani

Persyaratan kedua untuk calon pendaftar harus memiliki tubuh yang bugar, sehat secara jasmani dan rohani, serta untuk wanita diwajibkan tidak hamil selama masa tugas menjadi Tenaga Kesehatan Haji Arab Saudi dan Kloter.


Tidak terlibat dalam proses hukum

Bagi calon pendaftar diwajibkan untuk tidak terlibat dalam proses hukum maupun perdata yang sedang berlangsung.


Memiliki KTP yang SAH

Persyaratan keempat bagi calon pendaftar harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih Aktif dan sudah Elektronik.


Surat Izin Atasan

Syarat kelima harus memiliki surat izin dari atasan dari tempat bekerja saat ini, dilengkapi dengan TTD, nama terang dan materai.


Mampu berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris

Bagi calon pendaftar, pastikan Anda mampu berbahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris.

Post a Comment for "6 Syarat Mendaftar Tenaga Kesehatan Haji Indonesia, Tersedia Untuk Dokter, Perawat dan Apoteker"