Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kita Tidak Akan Tahu Sebelum Mencobanya

Senyumperawat.com - Sudah sekian lama vakum dari dunia blog. Kini kami mencoba memperbaiki segala yang dirasa perlu diperbaiki dari blog sebelumnya. Mengawali sekian lama kevakuman itu, kami ingin menuliskan sesuatu tentang kehidupan.


Mencoba suatu hal yang baru dalam kehidupan kita memang harus dipahami terlebih dahulu apa itu, bagaimana dampaknya dan kenapa kita harus mencobanya. Memang tidak semua hal harus kita coba. Makanya kita harus punya alasan kenapa kita perlu mencobanya.

Harus punya alasan yang kuat

Pertimbangannya tentu banyak. Seseorang harus punya alasan dalam bertindak. Seorang yang ingin masuk surga, tentu tak perlu mencoba untuk melakukan perbuatan yang bisa berdampak memasukkan seseorang ke neraka.

Begitu pun sebaliknya. Jika seseorang memang sedari awal ingin masuk neraka, ya sudah lakukanlah sesukanya. Sebab manusia memang diberikan kehendak untuk memilih.

Alasan kenapa kita harus melakukan sesuatu itu adalah hal penting. Kalau dalam istilah spiritualnya kita akan berjumpa dengan kata NIAT. Niat kita melakukan sesuatu harus jelas dan benar. Begitu pun dalam dunia Keperawatan. Kalau niatkan untuk beribadah kepada Allah, mencari RidhoNYA.

Ketika dalam praktik pun jangan takut mencoba. Injeksi, infus, partus, RJP dan seterusnya. Semua harus dicoba melakukannya sehingga bisa kita pahami secara konsep dan juga aplikasinya.

Pahami dasar-dasarnya

Sebelum melakukan sesuatu, pastikan sudah memiliki dasar keilmuan tentangnya. Dari sini kita akan bisa menjadikannya pertimbangan akan melakukannya atau tidak. Kalau sudah paham itu baik dan tidak baik, boleh dan tidak boleh, benar atau tidak benar, maka kita bisa memilih melanjutkan atau tidak.

Dalam dunia Keperawatan pun kadang kita dihadapkan persoalan demikian. Misalkan untuk menangani pasien dengan diagnosis tertentu, maka menurut teori kita harus memahami tindakan apa yang tepat. Baru dari berbagai landasan teori tersebut, kita memilih mana yang relevan. Kemudian kita coba terapkan kepada pasien apakah masalah teratasi atau belum.

Jika sudah maka kita tahu terapi itu tepat untuk masalah klien saat ini. Jika ternyata belum maka kita sudah mencobanya dan akhirnya mengetahui kalau terapi itu tidak cocok dan harus mencari solusi yang lainnya.

Pada dasarnya, mencoba sesuatu hal baru itu baik. Jika hal itu memang baik, benar dan boleh atau bahkan harus dilakukan. Kita akan menghadapi banyak hal baru ke depan. Maka, mengendalikan hati menjadi bagian yang penting. Takut itu ada tempatnya dan berani juga ada tempatnya.
Kak Admin
Kak Admin Sekedar ingin berbagi apa pun dan ingin terus belajar menjadi lebih baik.

Post a Comment for "Kita Tidak Akan Tahu Sebelum Mencobanya"